-->

Tutorial Cara Membuat Efek Gitar dari Skema DS1 Distorsi DIY Efek

Kali ini saya mau share lagi tutorial cara membuat efek gitar. Efek gitar ini mengikuti skema DIYers DS1 Distorsion. Pembuatannya cukup rumit jika kamu menggunakan PCB bolong universal, makanya saya sarankan agar meminimalisir erorr atau gagal dalam merakit efek gitar ini, pakai metode cetak PCB yang sudah pernah saya share melalui youtube atau bisa di baca di postingan saya disini. 

Efek gitar ini menggunakan 3 potensiometer untuk volume, distorsi dan tone. Suaranya juga keren dengan tone yang tinggi. Anda cukup putar setengah saja diarah jam 12 untuk mendapatkan tone yang bagus untuk bermain melodian. Nah kita langsung saja ke proses pembuatannya ya, berikut ini skema rangkaian efek gitar DS1 Distorsi: 


Untuk komponen yang diperlukan, perhatikan gambar berikut:
Pada skema dan rangkaian pcb diatas ada kekeliruan untuk satu buah kapasitor, seharusnya ada satu buah kapasitor 470nf yang digunakan dekat dengan Q2 yang terhubung juga dengan kaki IC ke tiga. IC yang paling bagus memang seharusnya menggunakan TL061, tapi saya pikir agak sulit mendapatkannya, jadi anda bisa menggantinya dengan single op amp lain seperti TL071 atau LM741.
Untuk potensiometer, rangkaian diatas ada yang terbalik dari sepengalaman saya. Kaki potensio Dist 3 di gambar seharusnya terhubung dengan kaki ke satu, dan kaki 1/2 terhubung dengan kaki ke 2/3. Sama halnya dengan potensio untuk tone controll, kaki ke satu ganti ke kaki ke tiga potensiometer. kaki ke tiga pindahkan ke kaki satu. Untuk volume penempatannya sudah benar.

Untuk lebih jelasnya, silahkan tonton video saya membuat atau merakit efek gitar ini:


Owh iya, Potensio untuk distorsi gunakan B100K, atau jika ingin lebih garang lagi bisa menggunakan B250 sampai 500K. Untuk tone gunakan B20K, dan untuk volume B100K.

Sekian tutorial ini saya buat, semoga kalian juga berhasil membuatnya ya.!!!

Tal vez le interese

Comentarios:

 
This is an amp-user-notification. It uses local storage to store the dismissed state.