-->

Panduan Cara Menggunakan Multimeter Untuk Mengukur Resistor, Kapasitor, Transistor Komponen Efek Gitar

Panduan untuk mengukur komponen efek gitar ini bertujuan untuk mengecek kualitas komponen yang akan kita aplikasikan pada pedal yang akan kita buat. Beberapa komponen seperti kapasitor, resistor dan transistor memiliki kualitas bermacam-macam. Misalnya jika anda membeli atau tertarik dengan sebuah elco kapasitor dengan harga lebih murah, banyak tuh elco yang macam-macam merknya, bisa anda bandingkan toleransi error berapa persennya. Nani anda bisa mengetahui merk mana elco yang murah untuk anda gunakan selanjutnya.

Singkat untuk tulisan ini saya hanya ingin memberikan sedikit informasi saja dalam pengukuran komponen untuk merakit efek gitar agar kualitas sound lebih baik. Karena komponen yang toleransi errornya lebih besar, jauh dari nilai seharusnya, bisa mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkah. Dulu pernah saya beli elco yang cukup murah dan saya aplikasikan pada rangkaian yang saya buat, hasilnya elco tersebuh harus dipakai lama dulu baru dia akan menemukan ukuran yang pas dengan label tulisannya.

Misal begini, elco saya beli waktu itu 10uf, tapi nilai tersebut setelah saya cek menggunakan multimeter ada di angka 45uf di awal. Lama-kelamaan elco mengalami penurunan sedikit-demi sedikit sampai akhitnya berakhir turun melambat di angka 15uf. Maka dari kesimpulan tersebut, ada jenis elco murah yang mesti perlu digunakan lebih lama dulu agar dia bekerja sesuai ukuran seharusnya. Karena kebetulan waktu ingin merakit efek gitar hotchake elco tersebut saya pasang dekat pengaturan drive sehingga putaran untuk drive belum bisa langsung bisa saya mainkan. pengaturan drive jika langsung saya paksa di putar ke kanan, efek tidak memunculkan suara sama sekali, tapi dia hanya bisa muncul ketika kontrol potensio drive ada di putaran kiri saja. Saya mainkan dulu efek tersebut di drive putaran kiri sambil sedikit demi sedikit saya putar ke kanan. Hasilnya efek tersebut baru bisa berjalan semestinya, kontrol drive bisa saya putar sampai mentok ke kanan.

Kasus lain, dulu saya beli kapasitor untuk tegangan tinggi yang tadinya saya ingin aplikasikan ke efek. Tapi kasusnya berbeda, malah kebalikan dari kapasitor elco diatas. Saya cek menggunakan multimeter angka pertama muncul itu malah rendah. Misal waktu itu saya beli 10nf, 1000volt, angka pertama muncul ada di 6nf, lambat laun mengalami kenaikan sampai akhirnya mendekati dan melewati nilai dari 10nf. 

Kesimpulan dari kedua kapasitor tersebut adalah, harus anda bedakan mana kapasitor yang bagus untuk audio dan mana yang bagis untuk merakit suply listrik dengan voltase lebih besar daya tampungnya.

Untuk resistor dan transistor saya pikir tidak ada masalah besar seperti halnya kapasitor. Hanya saja kedua komponen tersebut ada di kendala toleransi error nilainya aja. Selengkapnya silahkan lihat video tutorial berikut yang sudah saya buat mengenai bagaimana cara menggunakan multimeter serta mengukur komponen-komponen efek gitar yang akan kita gunakan dibawah ini:


Tal vez le interese

Comentarios:

 
This is an amp-user-notification. It uses local storage to store the dismissed state.