-->

Cara Membuat Efek Distorsi Murah dan Mudah

Cara Membuat Efek Gitar Distorsi

Kali ini saya ingin berbagi kepada kalian semua bagaimana cara merakit efek gitar distorsi dengan sangat mudah namun kualitas suara yang dihasilkan cukup memuaskan. Kemudahan dalam merakit efek gitar ini yaitu kalian tidak perlu membuat PCB cetak dengan proses eatching, karena komponen yang diperlukan hanya sedikit sekali bahkan harganya sangat murah. Diantaranya:

Resistor:

10k 1/4w dua buah
22k 1/4w satu buah
200 ohm 1/4w satu buah
Kapasitor:
22nf satu buah
1nf satu buah
68 nf satu buah
100uf dua buah

Dioda:

Untuk dioda kita gunakan sebagai poparity protection yang tujuannya ketika suply listrik dari adaptor ternyata polaritasnya tidak sesuai dengan kebutuhan efek, maka tidak akan merusak komponen-komponen dari rangkaian efek gitar ini. Sepertihalnya kapasitor polar seperti elco yang memiliki kutub positif dan negatif, selain bisa rusak jika pemasangan terbalik juga bisa mudah meledak lho!. Maka dari itu dengan penambahan dioda tersebut bisa mencegah kerusakan dan hal yang bisa membahayakan.

Transistor:

J201 Jfet  satu buah
mpsa13 darlington satu buah.

Potensiometer:

100KB untuk volume
250KB untuk gain/distorsi

Video Tutorial Pemasangan Konponen Efek Distorsi ke PCB

Dari daftar komponen diatas cukup sedikit bukan? silahkan beli dulu komponen-komponen tersebut lalui ikuti video tutorialnya seperti dibawah ini:



Video Tutorial Pemasangan Potensiometer Volume dan Distorsi

Video tutorial diatas hanya pemasangan komponen resistor, dioda, kapasitor dan transistornya saja. PCB yang digunakan bisa kalian potong kecil ukuran 7x12 lubang saja. Hemat bukan?!. jadi kalo beli PCB selembar saja kalian bisa membuat efek gitar distorsi ini dengan banyak. Nah untuk pemasangan potensionya saya pasang potensiometer 100k yang menempel di PCB, sedangkan potensio untuk mengatur berapa ketebalan efek gistorsinya sengaja saya pisah dari PCB dengan menggunakan kabel agar nantinya bisa kita atur berapa jarak renggang antara pengaturan volume dengan kontrol distorsinya sesuai selera. Lebih jelasnya simak video kedua berikut:


VIdeo pembuatan kit efek gitarnya sudah selesai sampai situ, selanjutnya kita tinggal pasang socket mic sebanyak 2 buah untuk input dan output efek, serta socket power DC satu buah. Selamat mencoba dan semoga merakitnya sukses ya. Karena saya yakin, saking mudahnya, 100% anda pasti sukses membuatnya!

Tal vez le interese

Comentarios:

 
This is an amp-user-notification. It uses local storage to store the dismissed state.