-->

Cara Membuat Efek Gitar Overdrive 03 Hotcake DIY Efek

Kali ini kita akan membuat efek gitar overdrive 03 Hot cake. Efek gitar ini sangat keren karena bukan hanya overdrive yang bisa kita mainkan sebenarnya, tapi juga anda akan mendapatkan 3 macam karakter efek yaitu overdrive, distorsi dan fuzz. Pembuatannya lagi-lagi sangat sederhana dan biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Anda hanya perlu membeli beberapa resistor, kapasitor, dioda dan satu buah IC saja. Berikut ini gambar dari hasil pengerjaan saya:


Skema efek gitar :
(Pada rangkaian dibawah ini, resistor yang terhubung dengan drive menggunakan 220ohm, tapi sumber lain menjelaskan bahwa resistor yang diperlukan adalah 240ohm. Karena pada fungsi potensiometer jika diputar ke kanan resistensinya menurun, bukan bertambah, saya lebih condong menggunakan resistor dengan ukuran 240ohm.) Satu hal lagi yang perlu kaliat ketahui, potensio untuk pengaturan drive menggunakan jenis rev-log (C). Jenis potensio ini sangat sulit ditemukan, untuk itu kita bisa menggunakan potensio Linear (B). Kedua potensio ini memang berbeda, tapi tidak merubah nilai resistensi untuk mendapatkan sound yang mirip. Namun nantinya, suara drive akan terasa hanya di bagian-bagian akhir putaran potensiometer. Oleh karena itu, untuk mengatur selera drive yang di inginkan, putar secara hati-hati dan pelan-pelan pada akhir putaran drive untuk efek gitar hot cake ini.



Dari gambar diatas cukup terlihat sederhana bukan? Komponen yang harus anda persiapkan sebagai berikut:

Resistor 1/4w:
10k = 3 buah
220 ohm  = 1 buah
240 ohm = 1 buah
1m = 2 buah
82k = 1 buah
100k = 2 buah
1k = 1 buah

Kapasitor minimal 16 volt:
10uf = 2 buah
100 uf = 1 buah
10nf = 1 buah
82nf = 1 buah
22nf = 1 buah
56nf = 1 buah
470pf = 1 buah

dioda untuk polarity protection gunakan 1 ampere.

Semua potensio menggunakan 50k

IC LM741 / UA741 atau bisa juga menggunakan TL071

Untuk merangkai semua komponen diatas, silahkan gunakan gambar berikut agar mempermudah pemasangannya:

Saya yakin dengan melihat gambar diatas anda pasti bisa membuatnya. Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video bagaimana saya membuat efek gitar ini:


Tal vez le interese

Comentarios:

 
This is an amp-user-notification. It uses local storage to store the dismissed state.