-->

Cara Membuat Power Amplifier 1W Menggunakan LM386

Bagi teman-teman yang hobi dan ingin memiliki ampli mini untuk dikamar, juga dengan biaya yang rendah bisa dicoba membuat amplifier ini. IC LM386 sangat mudah dicari dan harganya sangat murah. Namun ic ini wattnya sangat kecil, disarankan gunakan speaker kecil saja antara 5 sampai 20 watt. Tapi lebih gede juga tidak apa-apa bahkan lebih bagus. Ampli ini juga bisa kamu pakai untuk gitar kamu lho, gunakan speaker 8ohm. Berikut ini skema amplifier 1w yang akan kita buat:



Dari rangkaian diatas, komponen yang diperlukan sangat sedikir. voltase yang dapat berada pada kisaran 4 sampai 12 volt. Konsumsi daya rendah memungkinkan penggunaan sirkuit ini untuk merancang perangkat audio yang didukung oleh baterai atau baterai kecil. Arus hanya 4 mA.

Jika Anda memiliki IC LM386, perhatikan indeksnya dengan saksama terutama akhiran setelah tulisan lm386, chip LM386N-1, -3, LM386M-1, LM386MM-1 memiliki rentang tegangan 4 ... 12 Volts, dan kekuatan LM386N-4 mungkin sedikit lebih tinggi: 5 sampai 18 volt Dengan demikian, daya keluarannya akan berbeda. Tapi agar lebih aman dan bisa menggunakan adaptor efek gitar yang anda punya, gunakan 9v saja atau gunakan baterai kotak 9v yang banyak dijual dimana-mana (Toko Elektronik). Untuk detai lebih lengkapnya, bisa kalian cari di datasheet lewat google pencarian.

Buat yang ingin bereksperimen, gunakan layout berikut:

Karena sederhana, untuk percobaan awal gunakan saja dulu PCB bolong universal. Potensio untuk pengaturan volume. 
Sekian cara membuat mini Power amplifier  menggunakan amplifier ini saya tulis dan semoga kalian berhasil membuatnya. Owh iya, kalo mau lebih bagus, gunakan komponen yang memiliki kualitas bagus juga ya seperti resistor, kapasitor juga potensionya.

Tal vez le interese

Comentarios:

 
This is an amp-user-notification. It uses local storage to store the dismissed state.