-->

Cara Membuat Efek Gitar DOD FX30 Noise Gate

Malam ini saya keliling ke beberapa situs luar untuk mencari referensi pembuatan efek gitar noisegate. Dalam artikel saya sebelumnya, bahkan saya share juga videonya disini (Cara Membuat Efek Gitar Noise Gate), Namun efek gitar tersebut memiliki beberapa permasalahan meskipun terilang mudah dan sederhana. Permasalahan pertama, transistor BS170 harga lebih mahal, untuk penggantinya yaitu 2n7000 sangat sensitive terhadap panasnya timah solder sehingga mudah rusak. Kedua, Kapasitor 1uf harus benar-benar bagus, jika tidak, arus signal hanya bisa ditekan sementara saja sekitar beberapa detik, sehingga noise akan terdengar kembali sesaat setelah senar dipetik. Makanya saya gunakan kapasitor non polar seperti pada video yang bagus tentunya. Ketiga, Efek gitar sederhana itu memiliki sifat high cut signal, atau orang bilang hard noise gate (tipe hard). Maka dari itu harus ada preamp sebelumnya, atau ini hanya untuk efek-efek gitar distorsi, fuzz atau overdrive. Jika anda tidak menggunakan efek gitar tersebut sama sekali dalam rangkaian sebelumnya, saya pastikan anda akan mendapatkan loss signal dalam petikan senal gitar anda.

Maka dari permasalahan diatas, sebagai percobaan lain kita coba menggunakan rangkaian efek gitar noisegate DOD FX30. Untuk yang ingin mencobanya silahkan gunakan gambar-gambar rangkaian dan skematik berikut ini:
Berikut gambar dari skema/layout produk aslinya:

Bagi yang kesulitan melihat rangkaian diatas, ada versi yang sudah dirapihkan agar proses eatching lebih mudah dilakukan seperti gambar dibawah ini:


Namun, ada referensi lain yang sudah disederhanakan agar pembuatan lebih murah, seperti gambar PCB layout dibawah ini:


Saya yakin, komponen-komponen diatas sangat mudah didapatkan, Dengan membuat sendiri, biaya yang dikeluarkan akan lebih murah tentunya. Selamat mencoba, jika ada yang perlu ditanya silahkan berkomentar ya!

Tal vez le interese

Comentarios:

 
This is an amp-user-notification. It uses local storage to store the dismissed state.